Flow of Document & System Context

Banyak cara untuk menjelaskan proses bisnis yang berlaku pada suatu enterprise. Informasi ini bisa didapatkan berdasarkan hasil wawancara, observasi atau temuan-temuan di lapangan dan kesimpulan dari pertemuan yang diadakan antara pengembang sistem dan pihak yang menginginkan sistem. Hal ini berguna bagi manajemen atas, menengah dan bawah yang terlibat secara langsung dalam pengembangan sistem. Deskripsi dari sistem keseluruhan bisa dinyatakan secara deskripsi tekstual tetapi masih memungkinkan kesalahan interprestasi dari pernyataan yang dibuat. Untuk keperluan tersebut maka disediakan beberapa diagram yang dapat menggambarkan proses bisnis yang ada antara lain melalui Bussiness Process Model, Workflow atau Flow of Document, System Context Diagram dan Data Flow Diagram.

Banyak literatur menyebutnya context diagram (diagram konteks). Ada yang menyebutnya sebagai Data Flow Diagram Level 0 (disingkat DFD level 0). Terserah, asal konsisten saja. Pembahasan FOD dan CD dibahas pada postingan tersendiri.

Berikut contoh yang disederhanakan untuk kemudahan pemahaman.

Deskripsi Tekstual pada Warung Paijo:

Kasir membuat daftar barang dengan harga jual yang ditetapkan oleh pimpinan. Pembeli setelah mendapatkan barang yang diinginkan selanjutnya ke kasir untuk melakukan pembayaran. Barang-barang yang dipilih oleh pembeli menjadi daftar barang yang akan dicatat oleh kasir, dihitung dan selanjutnya membuatkan nota pembayaran sebagai bukti bahwa barang telah dibayar. Pada akhir periode pimpinan akan mendapat laporan penjualan, laporan persediaan barang serta daftar barang yang ada.

Penetapan Tujuan Sistem (Statement of Purpose):

Kegunaan Aplikasi Warung Paijo adalah menangani semua aspek detil seperti pencatatan barang dan harga jualnya, pencatatan pembelian barang serta pembuatan nota pembayaran pembeli. Informasi barang dan penjualan juga disediakan bagi pimpinan seperti daftar barang, informasi persediaan barang dan informasi penjualan. Deskripsi tekstual Warung Paijo dapat digambarkan dengan menggunakan Bagan Alir Dokumen (Flow of Dokumen, FOD)  - Lihat / Tutup

Statement of Purpose dari Warung Paijo dapat diterjemahkan ke bentuk System Context Diagram (CD)  - lihat / tutup