P2M & KERJA SAMA - STD.7

Penelitian adalah salah satu tugas pokok perguruan tinggi yang memberikan kontribusi dan manfaat kepada proses pembelajaran, pengembangan IPTEKS (ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni), serta peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Program studi memiliki akses atau road map dan pelaksanaan penelitian yang menunjang terwujudnya visi dan terlaksananya misi program studi dan institusi, serta akses yang luas terhadap fasilitas penelitian yang menunjang. 

Hal ini merupakan acuan keunggulan mutu penelitian, pelayanan dan/atau pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama yang diselenggarakan untuk dan terkait dengan pengembangan mutu program studi. Sistem pengelolaan pendidikan, penelitian, pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama harus terintegrasi dengan penjaminan mutu program studi untuk mendukung terwujudnya visi, terselenggaranya misi, tercapainya tujuan, dan keberhasilan strategi perguruan tinggi yang bersangkutan karena itu program studi harus memiliki akses yang luas terhadap penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama, internal maupun eksternal. 


Bottom Line

Berapa rata-rata jumlah penelitian per dosen per tiga tahun? Berapa rata-rata besar dana penelitian per dosen per tahun? Apakah ada upaya pengembangan kegiatan penelitian oleh pihak Fakultas/ Sekolah Tinggi? Apakah upaya yang dilakukan sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penelitian dan dananya? 

Berapa rata-rata jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) per dosen per tiga tahun? Berapa rata-rata besar dana PkM per dosen per tahun? Apakah ada upaya pengembangan kegiatan PkM oleh pihak Fakultas/Sekolah Tinggi? Apakah upaya yang dilakukan sangat efektif untuk meningkatkan jumlah kegiatan PkM dan dananya? 

Berapa jumlah kerjasama dengan instansi di dalam negeri dalam tiga tahun terakhir? Apakah mutu kerjasama dapat secara efektif  mendukung pelaksanaan misi Fakultas/Sekolah Tinggi? Bagaiaman dampak kerjasama untuk penyelenggaraan dan pengembangan program studi? Berapa jumlah kerjasama dengan instansi di luar negeri dalam tiga tahun terakhir? Apakah kerjasama relevan dengan bidang keahlian program studi?